Deng Ile: Gratis membuat akun Publisher Windows Store

Juli 01, 2015

Gratis membuat akun Publisher Windows Store


Sekitar pertengahan 2013 saya sudah memiliki akun pengembang + publisher di Windows Store, yang artinya saya sudah punya hak akses untuk mengupload aplikasi ke Windows Store. Apa itu mudah? yah itu mudah dengan pertolongan Allah. Jangan pesimis dulu karena kali ini saya akan membeberkan cara untuk mendapatkan Hak Akses tadi tanpa harus membayar lisensi publisher yang sebesar Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000 per akun.

Langkah pertama sebagai developer Windows pastikan anda telah memiliki OS windows 8 terpasang di Laptop / Desktop masing-masing. Setelah itu kita melangkah ke yang lebih penting harus disiapkan yaitu Aplikasi Visual Studio 2012 yang sudah berisi developer license serta akun email outlook / Microsoft.

Apakah anda sudah mendengar kata Dreamspark? Dreamspark adalah program multipurpose learning yang diperuntukkan bagi siswa yang ingin mempelajari bagaimana mengembangkan aplikasi serta mendapatkan aplikasi pengembang secara gratis. Dengan layanan ini kita akan lebih mudah mendapatkan Visual Studio serta aplikasi penunjang dalam pengembangan aplikasi nantinya tanpa harus membayar lisensi aplikasi tersebut. Nah sebaiknya sekarang anda kesana, buat akun lalu pilih-pilih aplikasi gratis yang ditawarkan Microsoft untuk anda. Juga dengan mendaftar di dreamspark kita akan mendapatkan kode gratifikasi untuk bisa digunakan pada pendaftaran akun publisher nantinya.

Jika anda bukan lagi siswa sebaiknya anda memikirkan cara lain untuk mendapatkan akun publisher anda karena akan dikirimkan verifikasi ke email kampus/sekolah anda dan hanya jika anda sebagai siswa dikampus atau sekolah tersebut verifikasi dapat dikonfirmasi kebenarannya.

Selanjutnya Setelah membuat akun, ikuti langkah berikut.
  • Login ke akun Dreamspark, masuk halaman App Development lalu pilih Window 8.
  • Klik "Get Registration Code" pada bagian ketiga di halaman tersebut.
  • Dihalaman selanjutnya klik "Get Code Now"
  • Simpan Code Tersebut, karena akan digunakan pada pendaftaran akun Publisher Windows Store nantinya.
Meskipun Gratis, Anda tetap akan membutuhkan Sebuah Kartu Kredit sebagai perlengkapan registrasi.
Melakukan registrasi di Windows Store.

Buka appdev.microsoft.com/StorePortals
  • Login dengan akun Outlook / Windows Email yang sudah saya sebutkan sebelumnya.
  • Jika meminta verifikasi ikuti langkah yang tertulis. Microsoft akan mengirimkan Kode Verifikasi di akun google mail kalian / mail yang anda set sebagai secondary email.
  • Setelah anda berhasil login maka akan muncul pilihan jenis akun pada halaman tersebut, pilih Negara tempat anda bermukim misal "Indonesia" lalu pilih Type Account Individuals. 
  • Selanjutnya isikan data anda yang lengkap dan benar pada halaman ini.
  • Budayakan membaca Agreement kemudian centang bila anda setuju. bila tidak setuju artinya anda tidak bisa membuat akun. jadi sebaiknya anda centang i accept lalu klik next.
  • Nah waktunya memakai uang. haha, tidak maksud saya dihalaman selanjutnya akan muncul besaran yang harus dibayar. Rp 500.000 untuk Account Individuals dan Rp.1.000.000 untuk Account Business.
  • Isikan Code yang telah anda dapatkan di Dreamspark tadi. lalu klik "next"
  • Akun gratisnya selangkah lagi jatuh ke tangan anda.
  • Minum kopi dulu
  • Text your mom and say.. i love u
  • Nah selanjutnya, dibutuhkan verifikasi apakah akun ini valid atau tidak dan akan diminta data kartu Kredit yang anda punya (jika anda tidak memiliki kartu kredit anda bisa mencoba VVC yang banyak dijual murah)
  • Setelah melewati semua halang rintang tadi anda tinggal melakukan proses verifikasi di kartu kredit masing-masing. Waktu daftar saya minjem kartu kredit milik pace-nya teman. dan peroses verifikasi tadi memang butuh biaya, tapi cuma sekitar 25.000-an saja.
  • Nah setelah proses tadi selesai, akan ada email yang masuk ke akun anda bahwa akun anda siap digunakan.
Proses ini yang saya lakukan pada saat mendaftar, pembaruan kebijakan dan system pendaftran bisa saja berubah.

Aplikasi Visual Studio 2012 sempat saya sebutkan kan? nah waktunya membuat aplikasi tapi jika anda telah mengembangkan aplikasinya berarti tinggal disave package untuk Windows Store lalu di upload. nah jika anda ingin tahu bagaimana membuat aplikasi windows 8 dengan mudah dan cepat anda bisa mengunjugi artikel saya sebelumnya disini <- klik disini yang disitu.

Untuk proses upload aplikasi yang sudah anda buat akan saya jelaskan di edisi selanjutnya, serta akan saya tambahkan tips & Trik agar aplikasi anda bisa di terima dengan mudah. Karena pada saat proses upload akan ada pemeriksaan sistematis yang dilakukan Microsoft untuk memastikan aplikasi anda bukan tiruan, bajakan, curian, tidak ada bug dan lain-lain yang ribet banget. ahh saya sudah tidak sabar menjelaskan. Tapi anda yang sabar yah, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

#SebulanNgeblog


2 komentar:

  1. Tahapannya sepertinya lumayan sulit juga nih, tapi perlu dicoba deh daripada harus bayar setengah juga sama microsoft.
    Makasih Infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg paling sulit cuma di tahapan verifikasi email kampus om.. sya bolak balik ke ICT UNM itu waktu. selebihnya bisa dikerja sambil tidur2an..hehe

      Hapus

Post a Comment