Deng Ile: Tentang Design Grafis dan menjadi Graphic Designer

April 04, 2015

Tentang Design Grafis dan menjadi Graphic Designer


Sidang pembaca sekalian, kali ini saya mau share mengenai Bagaimana... dan Apa... yang anda butuhkan agar bisa menjadi seorang graphic designer atau tukang gambar grafis. poko'nya saya mau buka-bukaan dipagi hari yang cerah ini.

Namun sebelum semuanya dimulai, penting bagi anda untuk mengetahui apa yang pernah dikatakan tidwell kepada saya secara langsung dibuku Oreilly milik saya. katanya.

"Best image design doesn't start with a pictures, its start by understanding people"
Artinya, sebelum kita memulai sebuah design hal yang paling penting yaitu mengerti pengalaman apa yang akan orang-orang dapatkan ketika pertama kali melihat gambar yang anda rancang.

Selain itu juga pemilihan genre atau jenis design yang orang suka agar gambar juga memiliki nilai estetika agar terlihat profesional dan meyakinkan.
Nah setelah itu semua sudah siap, barulah kita mulai melakukan persiapan dalam menggambar, planning itu penting agar design juga bisa dikerjakan dengan efektif dan efisien. Biasanya kebanyakan designer pada tahap ini mencari-cari referensi mengenai obyek yang akan digarap.
Selanjutnya, ini ada beberapa tool / alat yang harus anda persiapkan dalan membuat sebuah gambar grafik.

1. Corel draw

Corel seperti biasa kita menyebutnya. Dipakai untuk membuat sebuah objek vektor. Objek vektor itu sendiri lah yang disebut gambar grafis, vektor artinya objek tersebut scalable dan multiplatform. Biasa juga disebut sebagai shapes.

2. Adobe photoshop

Photoshop sudah familiar diketahui masyarakat luas sebagai alat / aplikasi untuk membuat sebuah rancang design. Meski photoshop sebenarnya untuk photo editing tapi juga bisa digunakan untuk memperkuat objek vektor yang telah kita design tadi.

3. Adobe illustrator

Tool satu ini mirip dengan corel dan photoshop. Menyediakan lebih banyak fitur sehingga banyak dipakai sebagai standar aplikasi design diperusahaan-perusahaan penyedia stock image. Untuk penyempurnaan hasil akhir design anda saya sangat menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini. Karena fitur-fiturnya memang dirancang agar bisa menghasilkan design yang tampak halus.
Memadukan 3 aplikasi diatas dalam pembuatan sebuah design akan menciptakan kualitas design yang baik. Bisa menguasai penggunaan aplikasi ini juga sudah bisa membuat anda diperhitungkan untuk bisa bekerja sebagai perancang grafis diperusahaan manapun.
Selanjutnya menjadi seorang graphic designer sangat dibutuhkan konsistensi dalam menggambar baik itu untuk memperkuat gaya mendesain kita juga untuk sekedar memperdalam penguasaan pattern-pattern setiap aplikasi.
Beberapa teknik menggambar yang juga wajib anda pelajari kalau bisa kuasai adalah sebagai berikut:
  •  Coloring
Mewarnai sebuah objek atau shapes adalah sebuah hal yang sangat sulit. Menentukan warna dasar mungkin terlihat mudah akan tetapi pemilihan selanjutnya menjadi sangat sulit karena dibutuhka  imajinasi yang kuat agar masing-masing objek tetap terlihat seimbang. Saran saya sebaiknya sebelum memulai menggambar baiknya mencari dan menentukan warna-warna dalan pallette yang akan anda gunakan.
  • Typography
Tak bisa dipungkiri setiap design memang selalunya membutuhkan typography. Harus ada ketelitian dalam memilih font yang akan gunakan agar tulisan-tulisan tadi terlihat selaras satu sama lain.

  • Layering
Layering memiliki banyak fungsi dan sangat dibutuhkan dalam mendesain. Untuk memperkuat struktur bidang sebuah gambar contohnya. Efek layering bisa membuat sebuah bidang menjadi terlihat menonjol atau kedalam tergantung keingainan kita.
Nah ketiga teknik ini adalah teknik yang sangat dasar dalam membuat sebuah gambar. Makanya wajib untuk diketahui sebelum memulai menggambar.
Sekian dulu yang bisa saya share, semoga bermanfaat. :D

6 komentar:

  1. dari ketiga alat diatas, tidak ada satupun yang mahir dimainin, tapi kalau dasar-dasar pemakaian tool ada sih walaupun cuman sedikit. kayaknya aku harus belajar jadi kuligrafis deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sya juga masih junior omm, masih nyari2 karakter.. :)

      Hapus
  2. masih ada tools/software yg laen untuk menunjang graphic designer ?
    graphic design company

    BalasHapus
  3. The main thing which i like about web designing is that it needs creativity and we need to work differently according to our clients need this needs a creativity and innovation.


    Custom E commerce Development Singapore
    Adobe Graphics Designing Singapore

    BalasHapus
    Balasan
    1. may i need to write some tips in next page, about how to be more creative .. nice suggest.

      Hapus

Post a Comment