Deng Ile: Polong Bangkeng Takalar dan Kader III Imagenetic

Desember 27, 2014

Polong Bangkeng Takalar dan Kader III Imagenetic

Senja di Danau Desa Barugayya - Polong Bangkeng - Takalar
Memasuki masa 3 tahun Imagenetic, Sebuah organisasi intra kampus yang bergerak dibidang pengembangan skill mahasiswa dan bernaung dibawah bendera Genetic Computer School - Universitas Negeri Makassar. Masih terbilang muda untuk usia sebuah organisasi yang dicita-citakan kuat tapi sebagai orang yang mengikuti perkembangan organisasi ini saya melihat banyak sekali perubahan dari cara berproses anggotanya selama ini serta pola mereka dalam membangun sebuah visi dibanding awal-awal terbentuknya.

beberapa hari yang lalu saya berkesempatan mengikuti kaderisasi tahun ketiga yang dilaksanakan di Kabupaten Takalar tepatnya di kecamatan Polong Bangkeng Utara desa Barugayya. lokasi yang cukup jauh masuk kedalam perkampungan warga namun masih bisa dijangkau dengan kendaraan sebesar bus dengan kapasitas 30 orang. lokasi ini cukup mendukung untuk kegiatan outdoor selain suasana pedesaan yang alami, penduduk yang ramah dan bersahabat juga dapat dijangkau dengan mudah dan lebih murah. MS.Daeng Nyonri seorang penyedia rumah sewaan ditempat ini bahkan berani menyewakan 4 rumah dengan harga 250 ribu rupiah saja. harga yang terbilang sangat murah karena dikota Makassar rata-rata rumah untuk kegiatan seperti ini biasanya berkisar 500 ribu sampai 1 juta per rumahnya. lokasi berbukit dengan lahan hijau yang terhampar luas, danau dan aktifitas pemancingan ikan serta sungai berbatu dengan aliran air yang cukup deras menambah hidup suasana alam ditempat ini. saya bahkan sempat usul ke salahsatu pengurus agar tahun depan diklatnya disini lagi. hehe

Pagi di Danau Barugayya - Polongbangkeng - Takalar
sempat berbincang dengan penduduk setempat yang juga salah satu peyedia rumah disini, menurutnya. tempat ini akan di jadikan tempat kegiatan outdoor bahkan rencananya akan dijadikan buper nasional. jadi ditempat ini sudah bisa dilaksanakan kegiatan kemah bertaraf nasional dan tak tanggung-tanggung sekitar 4 hektar lokasi disini sudah dipersiapkan untuk pembangunan tersebut. namun saya yang sudah kesana tahun lalu juga tak serta merta mengiyakan. maksudnya apa memang memungkinkan lokasi ini dijadikan tempat seperti itu. bukan apanya, saya juga sedikit tahu cerita kelam tempat ini yang terkenal sebagai sarang rampok.? tapi dengan jawaban jelas Daeng Nyonri meyakinkan saya bahwa "itu dulu nak, dulu memang orang takut kesini. tapi sekarang sudah tidak ada kejadian seperti itu." yah saya juga agak sedikit heran ketika pertama mendengar cerita soal lokasi ini karena saya bahkan mendapati keadaan yang damai dan aman setelah dua kali saya berkunjung kesini. saya mendapati warga yang saling menyapa ketika berpapasan meski sedikit kurang mengerti dengan bahasa Makassar asli tapi saya yakin mereka pasti sedang saling menanyakan kabar.

Kader? memang beberapa tahun terakhir kata kader atau kaderisasi sangat lekat dengan kekerasan fisik. banyaknya kasus kekerasan dan pelecehan membuat orang yang harusnya berhadapan dengan masa kaderisasi justru malah memilih jadi seorang yang quiters. saya harus jujur mengiyakan bahwa kaderisasi memang butuh fisik yang kuat dan saya tidak bohong kalo memang tak ada daya bagi mereka yang sedang menjalani kaderisasi organisasi apalagi organisasi tersebut adalah organisasi yang diakui keberadaan di sebuah kampus. namun jangan salah sangka dulu, fisik yang kuat disini memang sudah menjadi syarat mutlak bagi calon anggota baru karena kegiatan yang akan super padat dan bukan hanya dalam ruangan tapi juga diselingi kegiatan outdoor. bukannya panitia mengharuskan fisik yang kuat agar bisa disiksa sepuasnya "itu salah" di Imagenetic. sejak lahirnya organisasi ini saya selalu menanamkan pendidikan yang bertujuan menguatkan mental, spiritual, dan intelektual yang no kontak fisik. alhamdulillah 3 tahun organisasi ini berjalan kami tidak ada laporan akan ketidak beresan dalam kaderisasi yang dilaksakan pengurus.

tak banyak yang bisa saya share soal hasil kader karena mereka sudah sibuk berproses di organisasi ini, memang belum terlalu banyak hasil yang ditorehkan tapi kalo mau dishare ceritanya juga saya malas harus menulis sampai pagi. semoga ada waktu nanti saya akan berbagi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment