Deng Ile: Nge-Blog, Kenapa? Kecanduan? Sekedar Bloghotine atau hal yang lebih berbahaya saat ngeblog?

November 23, 2014

Nge-Blog, Kenapa? Kecanduan? Sekedar Bloghotine atau hal yang lebih berbahaya saat ngeblog?

Ilustrasi dari 123rf.com
Tidak bisa saya pungkiri saya punya sifat super malas dalam menulis di blog, saya punya beberapa blog dan saya selalunya merasa tidak punya hal baru dan menarik untuk selalu dituliskan. Menyeret diri untuk menuliskan sesuatu yang menarik dan sesuai dengan genre blog yang kita punya memang saya rasa butuh waktu yang cukup lama, untuk bisa menggali potensi alam imajinasi kita juga butuh banyak persiapan yang tepat sesuai dengan hal apa yang akan kita share ke seluruh dunia. okey kali ini saya cukup tidak usah berpanjang lebar soal ini. kali ini saya mau berbagi mengenai hal krusial yang yang ditanyakan banyak orang tentang "mengapa harus jadi blogger?" 

itu karena Bloghotine? zat candu dalam blog. bisa membuat penggunanya tidak tidur sampai subuh hanya untuk menyelesaikan sebuah tulisan yang belum tentu dibaca orang. haha, lupakan dulu soal bloghotine asal-asalan saya, karena saya punya hal yang saya rasa lebih penting untuk anda ketahui soal pertanyaan tadi. itu..

Blog bukanlah hal baru didunia internet dan tulis menulis, bahkan menurut beberapa pemerhati internet bahwa blog sudah mulai banyak ditinggalkan oleh penggunanya dan kemudian beralih menggunakan sosial media yang lebih efisien dan praktis seperti twitter, facebook dan social media baru yang lagi booming di tengah-tengah mereka.

Namun hal ini saya rasa tidak bisa serta-merta dibenarkan begitu saja, kendati blog memang terhitung sudah bukan trend di dunia online tapi banyak juga yang tetap eksis di dunia ini. bahkan bisa dibilang fanatik dengan kegiatan yang memabukkan satu ini.

dua paragraph diatas saya kira cukup untuk membuat anda mengerti bagaimana situasi dan kondisi dunia blog saat ini. nah..kita kembali pertanyaan sebelumnya mengenai "mengapa harus jadi blogger?"

Maksud saya tulisan ini tidak saya buat untuk memaksa anda menjadi blogger loh. tapi dengan ini saya harap bisa mewakili pertanyaan banyak orang tentang hal tadi. 

Ilustrasi dari 123rf.com
Sebaiknya saya mulai dari "Ngeblog Sebagai Investasi" iya layaknya membeli tanah sebidang didaerah yang harga tanah disana jauh lebih murah dibanding harga ditempat lain kemudian membiarkannya selama beberapa tahun sampai tempat tersebut dilirik pembeli dan tentunya akan jauh melebihi harga sebelumnya bahkan bisa dibilang berkali-kali lipat dari harga beli anda. ini tidak jauh berbeda dengan ngeblog. anda sedang membeli lahan dengan harga murah bahkan gratis. bayangkan saja anda telah memiliki blog di internet tapi di dunia blog hal yang paling penting adalah konten. anda butuh konten yang menarik dan segar, hal itu yang menurut saya bisa membuat orang lain kemudian melirik ke blog anda, anda kemudian mencoba mencari hal menarik yang sering dilupakan orang sekitar tapi ternyata hal tersebut sangat penting misalnya anda menceritakan pengalamn anda makan di resto disuatu daerah dan anda menganjurkan orang lain untuk juga ikut mencobanya dan disaat bersamaan ternyata ada orang lain yang sedang sibuk mencari tempat recomended di daerah tersebut. akhirnya blog anda serasa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang tadi dan bahkan untuk khalayak banyak. dan dari hal tadi bisa saja mengundang orang lain yang mungkin mereka tertarik membeli blog anda untuk lebih di monetize nantinya atau untuk dikembangkan ide-idenya atau bahkan lebih dari itu, mereka mempercayakan anda sebagai brand ambassador untuk usaha mereka. atau dipercaya menuliskan review-review menarik soal usaha mereka. super-kan? teman, ini hanyalah hal kecil yang saya share mengenai "blog sebagai investasi" dan tentunya masih banyak hal lain. 


Ilustrasi dari 123rf.com
Awalnya saya ngeblog untuk belajar. yah, saya seorang mahasiswa jurusan Programming dan Bisnis IT di sebuah institusi pendidikan di Makassar. semester 2 saya mulai membuat blog hanya untuk mengetahui seluk beluk web machine atau sering disebut CMS. saya mulai belajar bahasa pemrograman yang sering dipakai di system tadi seperti html, css, javascript, jquery, php, asp.net, dan lain-lain sebagainya bahkan saya juga mendapati hal menarik karena belajar ngeblog saya akhirnya senang dengan hal yang menyangkut design grafis. yahh memang di dunia internet design grafis juga merupakan sisi yang cukup penting untuk diketahui. kenapa? selain barisan script code sebuah tampilan laman sebuah situs juga membutuhkan gambar pendukung yang bisa memperkuat layout agar menarik dan indah dipandang. selain itu ternyata orang di depan komputer atau didepan handphone mereka memiliki kesamaan persepsi misalnya setelah membuka sebuah halaman dimana untuk mengakses informasi lebih banyak dalam situs tersebut dibutuhkan halaman login (login area) dan apa kalian sadar  bahwa login area tadi ternyata tidak diletakkan begitu saja dalam sebuah halaman. dibutuhkan UX (user experience) lagi untuk menentukan posisi login area tersebut. yah kebanyakan posisi Mouse Pointer orang berada disisi kanan layarkan? coba lihat pointer anda berada dimana? atau saya tanya, anda lebih senang menggeser mouse kesisi kiri atatu kanan? lebih gampang yang mana? yah kesisi kanan kan? kok bisa? haha kan tadi sudah saya bilang ada kesamaan persepsi orang-orang dalam menggunakan pc/berinternet/menggunakan gadget. nah dari kondisi seperti ini akhirnya menghasilkan perpaduan yang menarik dan sangat berguna. orang menempatkan login area disisi kanan, mempermudah kita untuik mengaksesnya. kenapa harus dipermudah? iya karena dihalaman tersebut login arealah yang paling menonjol ingin ditampilkan.  dari   perpaduan ilmu pemrograman, graphic design dan human behavior (user experience) yang selama ini saya pelajari alhamdulillah sudah bisa  digunakan untuk mencari uang. keren gak? tadinya cuma sebagai media belajar, ehh malah ngasilin uang. gokil!

lah kok dari dua hal tadi saya cuma menjelaskan gimana dapat uang yah? hihi.. okay mungkin anda tipe orang yang gak suka uang. nih saya lanjutin. saya janji bukan soal uang.

Ilustrasi dari 123rf.com
Anggap saja ada 10 orang luar negeri yang ingin ke kota anda, 8 dari 10 orang tadi belum punya destinasi yang pas untuk mereka explore di kota anda. 4 dari 8 orang tadi mencoba mencari di internet mengenai kota anda? dan apa yang mereka dapat di internet? liputan kekerasan yang terjadi di kota anda? kericuhan? demonstrasi mahasiswa berujung bentrok? berterima kasihlah ke media yang aktif meliput kejadian absurd dikota anda.yeahh dan alhasil 4 dari 10 orang tadi membatalkan travelingnya ke kota anda. logis! bahkan bukan cuma 4 orang tadi. gimana kalo mereka tiba membuat kicauan di twitter, "tadinya saya mau ke Makassar, tapi ga jadi ahh. ntar kena busur?" saya rasa 4 orang ngetwit senada itu cukup untuk meyakinkan lebih dari 6 orang yang berniat ke kota anda sebelumnya. nah gimana kalo twit tadi di ReTweet sama justin bieber atau lady gaga? bayangin berapa followers mereka yang akan percaya juga kalo Kota anda itu tidak layak jadi destinasi di kunjungi apalagi wisata? hehe. tapi tenang saja kawan, saya kira saya punya solusi untuk kota yang lagi malang nasibnya ini. anda bisa jadi seorang blogger yang giat mempromosikan destinasi wisata yang keren di kota anda. hutan, pantai, gunung, laut, bangunan bersejarah, benda peninggalan sejarah, kuliner yang maha nikmat, warga yang ramah, spot photografi yang awesome, senja yang terhampar bak surga yang sering kita baca di al-kitab, atau hasil kerajinan gerabah warga yang bisa didapat dengan harga murah tapi memiliki nilai seni yang sangat tinggi. dan akhirnya berita-berita bodoh di internet tadi ditenggelamkan oleh tulisan-tulisan anda dan akhirnya anda akan bahagia sendiri melihat twit para tweeps di twitter atau status facebook orang yang mengatakan "next month i will be in Makassar" "cant sleep, and just think to come in Makassar". asik ga tuh. gimana? jadi blogger ahh.hehe yang jelas setahu saya semakin banyak tourist dari luar ataupun lokal yang datang ke kota anda akan berdampak baik ke sisi ekonomi daerah tersebut. tidakkah kalian bahagia bisa membantu orang lain atau warga se-kota anda untuk tetap bisa berpenghasilan yang banyak dan sejahtera? akusih yes!

saya tidak mungkin menjelaskan semua hal-baik -baca:positif - yang saya dapatkan selama ngeblog. mungkin butuh beberapa halaman lagi atau bahkan dibuatkan workshop agar bisa tertuang hal-hal positif lainnya setelah mencoba memasuki dunia blogging.

sekali lagi saya sama sekali tidak mengajak anda untuk ikut nimbrung di dunia blog yang sangat indah ini loh. saya hanya merasa bahagia bisa berbagi pengalaman kepada anda karena saya sudah berkesempatan jadi blogger. hati-hati kawan dunia blogger menurut saya dunia yang juga memiliki candu yang yang yang yang amat memabukkan hingga dari semester awal kuliah sampai sekarang saya masih eksis di dunia blogging. oia tadi saya sempat mengatakan terkadang saya malas nulis ngeblog kan? iya benar sekali. tapi saya lupa bilang kalau rasa rindu itu ada kawan. selalu ada rasa rindu yang membuat saya kembali melirik blog saya, atau seperti beberapa hari yang lalu berkumpul bersama blogger di komunitas dan secara tidak langsung memotivasi saya untuk kembali kejalan yang benar. tsahhh gokil!

harapan saya, semoga setelah ini saya tetap eksis di dunia blogging dan bisa bermanfaat bagi sesama terutama diri saya sendiri yang punya banyak sekali kekurangan dan setelah ngeblog kekurangan-kekurang tadi perlahan mulai tergerus. dan sampai pada akhirnya saya menjadi manusia paripurna yang seperti nabiullah Muhammad SAW katakan dalam sunnahnya bahwa "Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi sesamanya" amin. semoga apa yang saya bagikan bisa berguna. amin. 

wassalam.

dari teman ta' +ilham jayes 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment