Deng Ile: Membuat Portofolio & CV dalam bentuk desain infografis keren

Desember 21, 2017

Membuat Portofolio & CV dalam bentuk desain infografis keren


Membuat Portofolio & CV dalam bentuk desain infografis keren? nah.. kali ini saya mau share hasil desain infografik yang baru saja saya buat yang lebih ke gabungan antara portofolio dan curriculum vitae (CV). yap karena terkadang banyak pelamar kerja lupa bahwa portofolio/CV itu sebenarnya harus didesain semenarik mungkin supaya bisa lebih mendapat perhatian jika dibanding-bandingkan dengan yang lain, apalagi kalau portofolio/cv itu sudah berada di meja HRD.

Portofolio dan CV sebenarnya adalah dua hal yang berbeda namun sangat mirip, alasannya karena keduanya menyebutkan hal-hal yang telah kita capai baik itu prestasi, hasil kerja, skill dll. namun menurut beberapa pendapat CV itu lebih personal seperti short biografi, pendidikan, skill dll sedangkan Portofolio lebih ke hasil karya, jejak rekam kerja, prestasi dll. Kurang lebih seperti itu, dan sampai sini ngerti kan yah?

Nah bagaimana kalau kita gabungkan keduanya dalam bentuk infografis? kira-kira hasilnya seperti apa? berikut hasil desain infografis gabungan portfolio dan cv yang baru saja saya buat.
Infographic - Sample Portofolio/CV for Designer
Pada infografik diatas saya menggunakan data pribadi saya yang dibagi menjadi 4 bagian yakni short biografi, hard skill, persentasi penguasaan perangkat lunak dalam mendesain dan menyebutkan beberapa proyek terakhir yang saya kerjakan serta prestasi yang relevan dengan judul. Off the record, sebenarnya saya tidak memiliki banyak prestasi dan kebetulan saja ada yang dekat dengan judul, sekiranya cukup untuk diketahui saja.

Dalam membuat desain diatas saya menggunakan tools seperti CorelDraw X5 sedangkan pada tahap akhir saya menggunakan Photoshop CS3 untuk mengubah saturasi, brightness dan level untuk mendapatkan warna yang lebih pas dan halus secara keseluruhan serta tak lupa menambahkan efek noise sekitar 3 poin dalam dimensi gambar 1000 piksel, itu untuk menghasilkan dot kecil yang kesannya membuat gambar lebih ril menyerupai kertas sungguhan.

Color Pattern

As usual... saya menggunakan warna CMYK dengan kombinasi warna sebagai berikut.

Sample Color Pattern

Typography

Akhir-akhir ini saya lebih senang menggunakan font yang kelihatan lebar makanya saya pilih font seperti EXO karena menurut saya font satu ini netral ketika digunakan pada desain yang akan di isi lebih banyak tulisan dari pada ilustrasi seperti infografis. Exo sendiri menyedian varian lengkap dari yang paling tipis yaitu Light sampai ke yang paling tebal yaitu Extra Black. Kemudian menambahkan font lain supaya tidak begitu monoton seperti Broadcast Matter yang saya tempatkan pada judul.

Baiklah, saya kira sampai disini cukup dulu. kita jumpa di artikel berikutnya. doakan saya mendapat lebih banyak mood buat nulis dan share sesuatu yah. 

Wassalamuaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment