Deng Ile: Contoh Ide Bisnis Kreatif Yang Bisa Anda Coba

Maret 27, 2016

Contoh Ide Bisnis Kreatif Yang Bisa Anda Coba


Ada banyak ide bisnis kreatif yang dijabarkan di banyak media informasi berlatar ekonomi bisnis. Dari situ banyak yang kemudian belajar dan menjalankan bisnis mereka dengan praktik modern dan efisien. Tak jarang didapati cerita sukses yang mereka raih berkat ketekunan dan kerja keras mereka.

Perkembangan bisnis di era digital menjadi pilihan utama kebanyakan orang. Mereka yang yang menjalankan bisnis kreatif cenderung menggunakan berbagai sarana digital yang sudah tersedia secara gratis (freeware). Media sosial misalnya: Line, BBM, Facebook, Blog sampai Intagram. Adanya media sosial dianggap sangat membantu mempromosikan barang dagangan mereka termasuk melakukan closing/pembelian.

Berikut saya akan coba membeberkan ide-ide bisnis yang kemungkinan belum terpikirkan oleh banyak orang saat sekarang. Ini sekedar ide bisnis, kami tidak bertanggung jawab atas kesuksesan yang akan anda raih jika menjalankannya.

1. Cuci Piring Online

Kunci bisnis ini adalah “Malas”, Semakin banyak orang malas maka akan semakin besar peluang keuntungan yang anda dapatkan. Tak bisa dipungkiri ketersediaan lapangan kerja menggiring wanita-wanita juga ikut terjun ke dunia kerja hal ini jelas berpengaruh pada pola kerja rumahan yang biasanya dikerjakan oleh wanita seperti “cuci piring”. Bisnis ini bisa dijalankan hanya dengan menggunakan media sosial seperti BBM, Line dan Facebook. Bayangkan anda duduk dirumah tiba-tiba ada chat dari wanita yang ingin dibantu cuci piring? Atau layaknya gojek anda bisa menjalankan bisnis ini seperti demikian. Ketika ada pesanan yang masuk, langsung menuju lokasi. Persoalan tarif tinggal patok harga standar per 1 x Cuci Piring tambah biaya transport. Malu alias Gengsi? Hentikan membaca tulisan ini. Karena hanya yang tidak tahu malu/gengsi yang boleh berbisnis!

2. Online Printing

Waktu itu saya sedang terjebak macet di salah satu jalan di Makassar. Hujan yang deras sedikit menaikkan tensi saya yang dalam keadaan terburu-buru waktu itu. Saya rencananya ingin kesebuah tempat cetak dokumen alias Fotocopy/Print. Sesaat saya sempat berpikir coba saja ada sistem printing online, keadaan saya tidak akan seburuk ini. Sistem Printing Online sama halnya media sosial anda membuat akun, login, mengupload dokumen yang ingin di print, Titik. Sampai disini dokumen yang anda unggah dikelola oleh pihak admin sistem. Nah, Setelah selesai dikerjakan hasil cetak dokumen anda dikirim langsung kerumah anda. Bahagianya. . .

3. Freelance Graphic Designer

Bagi anda yang memiliki skill seperti design tidak usah berpangku tangan menghakimi diri sendiri atas kemapuan anda. Saya akui saya pernah berada di posisi anda, bekerja berpenghasilan 2 M (Makasih-Makasih). Kemampuan design memang terkadang dimanfaatkan oleh teman, disuruh ini itu supaya pesanan gambar yang mereka mau bisa tampak bagus, tapi jangan berkecil hati, anggap itu sekedar latihan. Bagiamana pun kunci sukses anda ada pada orang yang telah kalian bantu. Sampai sekarang ini, saya juga masih sering menerima job-job desain dari beberapa teman, yah tapi berbayar dong. Mereka hanya perlu menghubungi saya lewat sosial media kemudian saya kerjakan pesanan yang mereka mau. Kerjaan kelar duit masuk. Simple, tapi belajar design dulu. Kalian bisa baca tulisan saya soal graphic desainer disini.

Hal diatas merupakan sedikit dari ide bisnis penyediaan jasa (Service) yang bisa di jalankan hanya bermodal nekat dan sosial media yang bisa di akses secara gratis. 

Nah bagaimana dengan ide bisnis produksi? Barang apa yang kira-kira belum ada dan bisa kamu jalankan dalam berbisnis? tunggu artikel selanjutnya, saya akan beberkan juga hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment