Deng Ile: #BATUSEKAM - Jalan ke Matamatahari, Melihat dan menulis jejak Kak Na'

Agustus 24, 2015

#BATUSEKAM - Jalan ke Matamatahari, Melihat dan menulis jejak Kak Na'


Mungkin ketika belajar GUI, tapi saya sudah lupa di halaman berapa. Saya mencoba membuka beberapa halaman di buku Oreilly milikku tapi tak jua kutemukan. Isinya sederhana untuk sebuah website berkonten artikel atau weblog sebaiknya menempatkan kolom tulisan di sisi kiri. Alasannya sederhana, Mata kita hanya akan fokus ketika melihat ke kiri, Seperti harapan kita supaya artikel tetap di baca banyak orang. Kak Na' mungkin bisa menggaris bawahi hal ini, Layout untuk artikel pada blog kak na' terletak disisi kanan. Ini katanya tak sesuai, tapi entahlah saya juga belum melakukan riset lebih jauh. Tapi, memang ketika saya membuka sebuah halaman mata saya pasti akan lebih fokus ke kiri. Cursor selalunya berada disisi kanan. Ini membuat saya lebih mudah melakukan klik jika ada button atau Internal link disini. Tapi di Blog kak na' saya merasa agak kesulitan karena link blognya terletak disisi kiri. Meski hanya berjarak beberapa senti tapi ahh sudahlah saya malas menggeser cursor lalu melakukan klik.

Sebenarnya saya suka cara bertutur kak na' lewat tulisannya. Entah mungkin karena memang mahir memainkan pola dalam tulisannya atau apalah apalah. Tulisan yang kusuka seperti cerita Gunung dan Kawanku. Saya tidak pernah berpikir membuat tulisan berseri sebelumnya sampai akhirnya membaca tulisan kak Na yang akhirnya menarik kerah bajuku untuk ikutan menulis cerita berseri.

Kontras, ketika membuka halaman dengan alamat matamatahari.com . Kak Na' menggunakan background foto senja dengan dominasi warna hitam dan orange. Ini tidak mempengaruhi konten artikel karena layoutnya dibuat putih tapi disisi kiri hal ini membuat beberapa link yang berwarna ke abu-abuan yang diletakkan seolah tidak kelihatan. Ini hanya sekadar tanggap dari saya. Karena yang namanya GUI kembali lagi ke selera masing-masing. Saya hanya memberi pendapat secara umum yang kadang di jadikan patokan oleh banyak orang .

Apalagi yang bisa kutulis, sepertinya tak ada. Atau mungkin sama seperti blog kak Ian kemarin. Blog kak Na juga masih belum di-optimasi dengan baik dalam struktur kodenya [lihat gambar diatas]. Meta Description dan Title tag belum sesuai dengan yang semestinya. Semestinya yang menurut "Harapan Google". Berkenaan hal ini jika Kak Na' tertarik mempelajarinya sebagai referensi sebaiknya membaca beberapa tutorial tentang Struktur Data dan Microformat blog /Schema. Dan melakukan testing yang lebih dalam di Webmaster tools milik Google. Salam :)

#BATUSEKAM
#ReviewBlog #KelasMenulisKepo

 

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum salam kenal. Kapan2 mampir k blog say innarainy@blogspot.com.. mohon kritik.ny terhadap tampilan blog saya. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Males ahh mbak, tapi makasih deh udah mampir. Wasalam :D

      Hapus
  2. Assalamu alaikum salam kenal. Kapan2 mampir k blog say innarainy@blogspot.com.. mohon kritik.ny terhadap tampilan blog saya. Makasih

    BalasHapus

Post a Comment