Deng Ile: Review Blog Kak Zia - #BatuSekam

Agustus 20, 2015

Review Blog Kak Zia - #BatuSekam

Try To Be Good Writer - Tagline Blog kak Zia
Pertama Kali membuka laman dengan url mzuh.wordpress.com mata saya tertuju pada sebuah tulisan singkat dan jelas disisi kanan. Seperti diatas, Saya tidak begitu pintar menelaah kata dan makna dari tagline tersebut tapi mungkin bisa sedikit bersudut pandang mengenai tagline blog. Aturan pertama, Hal yang paling mula  User Lihat saat membuka sebuah halaman adalah sebuah garis yang membujur dari kanan ke kiri. Sehingga penting menempatkan sebuah tali pengikat agar pengguna bisa lebih tahu sosok dibalik blog tersebut. dan itulah yang kak Zia lakukan. Sebuah tagline yang dengan rendah hati mendeskripsikan isi blognya seolah sekadar ingin belajar-dan terus belajar tanpa ada pesan angkuh. Kak Zia memang terbaik.

Hal yang aneh kemudian muncul dibenak saya ketika menurunkan sedikit fokus kearah bawah. Sebuah gambar yang berisi quote dengan design yang mirip punya Daeng Gassing tapi quotesnya beda. Apanya yang salah? tidak ada. Hanya saja kak zia, Jika boleh ada masukan dari saya sebaiknya jika layout berisi gambar usahakan gambar tersebut tetap fit pada ukurannya. Layoutnya berukuran 940x200 pixel sedangkan kak Zia memasukkan gambar dengan dimensi 666x365 pixel iyalah jadinya gambarnya jadi kurang sreg kelihatan. Satu poin minus bagi kak Zia :(

H1 - H2 dan Meta Description: Bagi kak Zia yang jurusan Bahasa Inggris mungkin bukan hal penting mengurusi struktur kode harapan google. Tapi Kak, Internet itu bisa dikatakan google-lah induk halaman kita. Tidak mengikuti struktur kode harapan google akan membuat blog kakak menjadi lemah. Jadi kalo boleh usul lagi, Itu Tagline/Tittle blog sebaiknya diubah menjadi H1 kak dan H2 jadikan Judul postingan. Untuk Meta description cukup ditambahkan setelah kode <head> dalam source code html blog kakak. Kalau kesulitan tenang saja kak, Saya bisa bantu perbaiki.

Lebih lagi menurut ilmu yang fokus mempelajari User Interface (UI) dan User Experience (UX) sebaiknya tetap konsisten mengggunakan bahasa pada setiap item yang ada dalam halaman. Bagi saya yang sudah terbiasa berhadapan dengan sebuah laman mungkin bisa mengerti tapi bagaimana dengan yang baru atau belum mengerti betul Bahasa Inggris. Saya masih mendapati kombinasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam berbagai macam item dalam blog kak Zia, Hemat saya sebaiknya kak Zia konsistem memilih bahasa dalam laman miliknya supaya memenuhi kaidah-kaidah GUI (Graphical User Interface) yang baik dan benar.

Sekian yang bisa saya komentari soal blog Kak Zia, lebih kurangnya mohon maaf. Wassalam

#BatuSekam #ReviewBlog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment