Deng Ile: Cara upload aplikasi ke Windows Store

Juli 09, 2017

Cara upload aplikasi ke Windows Store


Membuat aplikasi dengan target pemasaran Windows Store belum jadi pilihan bagi banyak developer dikarenakan pasar Aplikasi milik Microsoft ini memang belum dilirik oleh banyak pengguna mobile maupun desktop komputer.

Tapi jangan berkecil hati, anda yang telah mengembangkan aplikasi di paltform windows ini harus berbahagia karena lifetime anda sebagai developer sekaligus publisher Apps sudah dijamin oleh windows. beberapa bulan yang lalu saya mendapat email yang isinya menyatakan akun publisher yang saya dapat cuma-cuma tahun lalu akan aktif sampai kapanpun. sounds creepy, tapi saya mikir ulang berarti tak ada lagi batasan bagi saya untuk mengembangkan diri dan membuat inovasi. kurang baik apalagi si Microsoft ini.

Lanjut ke Masalah uploading aplikasi ke Windows Store seperti yang saya janjikan sebelumnya di Artikel Gratis membuat akun publisher Windows Store, saya akan memberi beberapa tips agar Aplikasi anda mudah diterima oleh windows. Proses submisi aplikasi yang lumayan ribet dan memiliki standar yang tinggi memang dilakukan Microsoft untuk menjaga kualitas aplikasi yang turut meramaikan pasar mereka tetap berkualitas dan bisa diterima oleh banyak kalangan. Hal yang menurut saya paling banyak menjadi perhatian adalah privasi user, Aplikasi yang baik adalah aplikasi yang jujur. Jika anda menggunakan Autentikasi Login di Aplikasi anda usahakan pada Halaman Term & Condition pada aplikasi anda menjelaskan bahwa data tersebut tidak digunakan untuk kepentingan lainnya dan pihak pengembang menjaga baik-baik data tersebut.

Sebuah aplikasi harus menyediakan informasi yang valid tentang aplikasi tersebut di sebuah website yang anda miliki. Link website tersebut akan dibutuhkan pada proses submisi aplikasi, jadi mau nggak mau anda harus menyediakan. Dan tidak main-main, Team Microsoft akan memeriksa laman tersebut dan akan menginformasikan kepada anda jika tidak sesuai dengan data aplikasi tersebut. Jadi buatlah sebaik dan selengkap mungkin.

Term & Condition. Menjelaskan tentang segala informasi yang menyangkut aplikasi anda. Terkadang kita dalam mengembangkan aplikasi tidak memikirkan pentingnya hal ini. Microsoft benar-benar akan memeriksa apakah anda menyediakan fitur ini dalam aplikasi anda. jadi sebelum anda berani melakukan submisi sebaiknya anda masukkan dulu ke aplikasi.

Selebihnya pemeriksaan normal, seperti bug dan lain-lainnya. Nah jika anda terkendala di tahap ini sebaiknya anda rajin-rajin mengunjugi forum MSDN (Microsoft Developer Network) karena disana telah disediakan banyak resourse untuk anda kembangkan dan sample yang bisa anda pelajari jika misalnya berhadapan dengan banyak error tadi.

Selanjutnya Proses menuju proses Upload/Submisi di windows store.
  • Here we go, first login ke akun developer kalian atau klik disini dev.windows.com

  • klik "Submit your app" jika anda mengembangkan aplikasi windows 8 desktop klik Windows store namun jika anda mengembangkan aplikasi mobile klik Windows phone store.

  • Setelah dashboar app anda muncul klik Create a New App.

  • Isi kolom yang muncul dengan Nama aplikasi yang anda buat. usahakan nama yang anda pilih adalah nama unik yang belum pernah direservasi sebelumnya. Sistem akan mengecek ketersediaan nama tersebut. hanya jika nama yang anda pilih tersedia anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.
  •  Setelah mendapatkan nama Aplikasi yang bisa anda gunakan, selanjutnya lengkapi dan informasi tentang Aplikasi anda. Fokus pada uploading package dulu barulah kemudian jika sudah berhasil melangkah ke tahap yang lain.
  •  Jika berhasil, maka tampilan pada submisi package apps akan tampil seperti ini.
  • Selanjutnya jika semua sudah berhasil akan ada surat cinta dari Team Microsoft menyatakan "Your Apps is in the Store", dunstak..dunstak.. anda tinggal menunggu beberapa hari sampai Aplikasi anda sudah bisa di Unduh melalui Windows Store. Yeayy... Tos Jantan!!
Itulah cara yang dilakukan dalam melakukan Submisi Aplikasi ke Windows Store, lebih dan kurang mohon di maafkan. Homina..Homina..

#SebulanNgeblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment