Deng Ile: Hentikan Kebiasaan Melepas Baterai Laptop!

Januari 24, 2015

Hentikan Kebiasaan Melepas Baterai Laptop!

Punya kebiasaan lepas batere pas mau main laptop?
Sebaiknya jangan, dulu saya juga suka melakukan hal ini. alasan saya, logika saya berjalan sederhana "batere semakin sering dipake bakal mengurangi lifetime batere" jadilah waktu itu saya cuma pake batere pas memang tidak ada colokan. seharusnya memang benar. tapi ada hal yang tidak saya pikir waktu itu. listrik yang masuk ke ‪#‎laptop‬ tanpa ke batere terlebih dahulu ternyata tidak baik untuk perangkat yang teraliri listrik. alasannya, besar arus listrik yang mengalir dari charge langsung ke perangkat tidak sama dengan besar arus listrik yang mengalir dari batere ke perangkat meski sama-sama arus ‪#‎DC‬ (menurut salah satu dosen saya) yang akhirnya bisa membuat perangkat tidak teraliri listrik sesuai besar arus yang dengan seharusnya dibutuhkan perangkat tersebut.
jika perangkat menerima arus yang lebih besar atau lebih kecil otomatis perangkat tidak berjalan dengan baik. (lifetime ‪#‎mainboard‬, ‪#‎hardisk‬ dan perangkat lainnya yang anda pertaruhkan) itu hal pertama yang saya ketahui. mending saya kehilangan batere "saya pikir". dan menurut beberapa sumber informasi di internet juga menyebutkan bahwa hampir semua baterai laptop sekarang sudah dilengkapi dengan teknologi bernama "batery control" jadi pas baterai sudah terisi penuh maka daya yang masuk laptop akan langsung di alirkan ke perangkat. sedangkan baterai beralih fungsi menjadi stabilizer untuk mengantisipasi daya yang naik turun.
     Akhirnya saya pake batere terus menerus tanpa lepas-lepas. setelah lebih 2 tahun semua berjalan baik ehh baterenya capek juga. wajar sudah tua, jadinya saya pake laptop dengan batere yang rusak. tapi sengaja tidak saya lepas dengan alasan seperti diatas. minimal arusnya ke batere dulu baru ke perangkat lainya. benar, saya pake laptop dengan normal dan semua baik-baik saja. selama setahun semua berjalan lancar. sampai akhirnya tadi malam ketika ‪#‎hujan‬ deras, ‪#‎kosan‬ lagi sunyi, semua penghuni sepertinya sibuk berselimut dikamar masing-masing, petir menyambar kemana-mana, suara gemuruh hujan disertai petir membuat suasana sekitar semakin mencekam dan alhasil mempengaruhi ‪#‎listrik‬ di kosan. lampu kemudian kedip-kedip sendiri. pintu terbuka tiba-tiba, kemudian dari suasana remang-remang depan kamar mucul sesosok wanita ehh ada ibu kos dengan membawa ‪#‎kopi‬ pesanan saya (saya hampir lupa kalo habis pesan kopi) "naik turunki spanneng a ilo" kata ibu. iye ibu.. saya jawab dengan senyuman. ‪#‎berlalu‬ nah jika benar maka otomatis arus listrik yang masuk ke charge laptop saya naik turun juga, saya rasa konverter ‪#‎ACDC‬ di charger tidak bisa berbuat banyak. waktu itu setelah beberapa jam depan laptop asyik dengan dunia maya dan sosial media akhirnya saya mulai bosan kemudian saya buka sebuah tab baru di browser dan berencana menonton sebuah film yang available di internet ehh laptop tiba-tiba mati. ahh saya kesalnya bukan main. "seandainya ada ‪#‎mantan‬ ku disampingku saya bakar baru bikinki cobek-cobek" ehh ‪#‎losfokus‬.. saya kemudian mencoba menyalakan laptop saya kembali. "unexpected shutdown-diagnosing PC- ‪#‎repair‬ otomatis berjalan sesuai standar ‪#‎OS‬ yang saya gunakan". tapi kok tidak bisa masuk ke OSnya? begini-begini terusji. ada yang salah ini. dan benar bukan perangkatnya yang rusak malah OSnya yang broken. saya mencoba segala hal yang saya ketahui agar OS saya kembali. tapi tak ada yang berhasil. saya install ulang saja, pikirku. ehh keadaannya malah tambah rumit, space direktori ‪#‎system‬ hampir penuh. maka seharusnya di format dulu baru install. padahal pengalaman saya, lebih baik OS ditumpuk saja supaya semua data yang belum sempat di backup tidak terganggu sedikitpun. selain itu ‪#‎driver‬ yang sudah terinstal mudah dikembalikan. tapi tidak bisa, katanya harus diformat dulu. okehh, masih ada satu cara. intinya saya harus bisa akses hardisknya. bisa lewat cmd ato pura-pura mau mencari disc image untuk repair OS. yaap. sebuah window akhirnya muncul, dan saya bisa akses full ke ‪#‎Explorer‬ nya. BACK-UP!!! tunggu, saya baru sadar kalo semua partisi saya juga hampir mencapai batas. ‪#‎free‬ space tidak sampai ‪#‎10giga‬ dan ‪#‎data‬ yang saya sayang-sayang itu size-nya lebih banyak. saya juga befikir 2 kali untuk menghapus beberapa isi di partisi lain. file2nya saya kumpul sudah bertahun lamanya dan statusnya "disayang-sayang". shit!! dosa apa ka ‪#‎tuhan‬!

    setelah beberapa menit berpikir akhirnya cuma file yang memang penting yang saya selamatkan. good bye file yang "disayang-sayang". waaalhasil bin muasil - direktori system berakhir dengan jalan diformat, proses instalasi saya jalankan. kecerahan mulai terlihat dalam hidup saya. instalasi berhasil. beberapa error alhamdulillah bisa ditangani. dan sampailah saya di detik, menit ini dan jam ini, cuma tidur beberapa jam tadi pagi setelah begadang kemarin malam, dan malam ini saya masih harus berkutat dengan my dear laptop. berusaha mengembalikan laptop ke keadaan semula sepeti sediakala.

    inti cerita diatas sebaiknya hentikan kebiasaan memakai laptop dengan batere terlepas. jangan sampai kejadian seperti saya terjadi kepada anda. "karena hidup itu kayak roda ji yang beputar" smile emoticon .. setidaknya saya masih beruntung karena yang rusak OSnya. nah gimana kalo perangkat kerasnya? apakah itu #hardisk, ‪#‎processor‬, ‪#‎RAM‬, dan lain-lainya. kan lebih repot.
terima kasih telah membaca, ‪#‎wassalam‬.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment