Deng Ile: Beberapa Hal Penting Dalam Organisasi Bisnis

April 02, 2016

Beberapa Hal Penting Dalam Organisasi Bisnis


Penting untuk diketahui bahwa bisnis adalah sebuah proses penyediaan barang atau jasa baik meliputi produksi maupun distribusi kepada konsumen. Selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana sebenarnya proses yang terjadi didalam sebuah organisasi bisnis atau apa saja hal penting yang perlu diketahui dalam organisasi bisnis ini.

Organisasi secara umum diketahui, merupakan alat yang digunakan dalam mencapai tujuan secara bersama. Maka dari itu penting untuk mengetahui bagaimana sistem kerja/proses dalam berorganisasi bisnis.di Indonesia kita mengenal berbagai macam bentuk organisasi bisnis seperti firma, perseroan terbatas (PT), CV, Dll. Pada dasarnya bisnis yang baik harusnya terorganisir dengan baik, maka terlepas dari bagaimana bentuk organisasi yang dijalankan sangat penting untuk mengetahui apa unsur penting dalam organisasi itu sendiri. Secara umum organisasi terbagi menjadi dua yaitu waralaba dan nirlaba, namun berbicara mengenai workflow tetaplah sama. Nah apasaja itu?

Leader Or Boss!

Anda seorang Leader atau Sebatas Boss? anda adalah seorang pemimpin pada suatu organisasi baik berupa pemimpin tim kerja, manager atau pemimpin puncak, karakter andalah yang sangat menunjang kualitas pekerjaan teman kerja anda. Lihat kedalam diri anda apakah anda seorang Leader yang mampu membimbing karyawan dalam bekerja atau hanya sebatas bos yang menyuruh karyawan menyelesaikan pekerjaannya?

POAC

Planning (Perencanaan), Organizing (Pengaturan), Actuating (Pengerjaan) dan Controlling (Pengawasan). Empat unsur penting ini harus ada dalam sebuah organisasi bisnis dikarenakan setiap misi yang dilaksakan dapat tercapai dengan maksimal dan tepat sasaran.

Strategi

Strategi Bisnis memiliki cakupan yang sangat luas bahkan ditempat kuliah dikelaskan tersendiri, namun Strategi bisnis sebenanrya tidak lari dari pembahasan Analisis SWOT. Strenghtness (Kekuatan), Weakneess (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Threatness (Resiko). Mampu menganalisis hal tersebut dalam bisnis setidaknya bisa membantu anda dalam menentukan arah dan langkah apa yang bisa diambil dan menguntungkan bagi bisnis anda.

Goal & Objective

Goal dan Objective? kedua hal ini sepertinya sama namun sebenarnya berbeda. Goal bagi bisnis anda mengisyaratkan arah/tujuan bisnis anda jauh kedepan. Sedangnkan Objective merupakan tujuan jangka pendek. Jadi tepatnya, menentukan tujuan jangka panjang sebuah bisnis kemudian menyusun objective untuk meraih tujuan tersebut. Layaknya rumah, Objective merupakan anak tangga yang harus dinaiki perbagiannya barulah sampai pada tujuan yang sebenarnya ingin dicapai. Penting bagi sebuah organisasi menentukan objective dan goal karena hal inilah yang menjadi landasan utama dalam sebuah organisasi yang ingin maju dan berkembang.

RMRP "Right Man on the Right Place"

Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam sebuah organisasi bisnis juga amatlah penting. Efektifitas sebuah jenis pekerjaan akan menjadi taruhan jika tidak dijalankan dengan baik. Sebuah organisasi baiknya mengatur regulasi yang tepat mengenai workplace serta hardskill yang dimiliki pekerjanya.

Kerja Sama

Sebuah organisasi yang baik memiliki kerja sama yang terbangun rapi dan bersahabat. Baik itu dari tataran atas ke bawah (Top-Down) pun dari bawah keatas (Bottom-Up). Kuatnya sebuah organisasi bukan hanya dapat dilihat dari berapa lama organisasi itu berjalan atau seberapa besar omzet yang dikelola tapi juga seberapa baik kerjasama yang terjadi dalam organisasi tersebut, baik itu dalam hal internal organisasi maupun dari sisi eksternalnya.


Nah sudah tahu kan beberapa hal penting dalam Organisasi Bisnis? lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, semoga sedikit hal yang sempat saya sampaikan bisa diterima dan bermanfaat.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment