Deng Ile: Mendirikan Startup Bisnis Sendiri

Maret 02, 2015

Mendirikan Startup Bisnis Sendiri


Kali ini saya mau share soal trend beberapa kalangan pelaku bisnis beberapa waktu terakhir mengenai Startup bisni. istilah startup bisnis sendiri sebenarnya sudah digunakan sejak lama namun karena kurangnya pengetahuan kita tentang jenis-jenis struktural sebuah organisasi waralaba membuat kadang kita bingung ini bisnis apa. startup tidaklah berbeda dengan organisasi bisnis lainnya. bahkan menyerupai jenis organisasi waralaba lainnya. nah, gimana bisa dikatakan startup dan mana yang tidak.Dari penggunaan katanya startup artinya memulai/bergerak dan berproses. artinya bisnis ini adalah jenis usaha yang baru saja dimulai, cakupan kerja bisnis ini tidak begitu luas karena biasanya startup didirikan hanya untuk sebuah objek tertentu. jadi jenis usaha ini lebih efisien dan efektif. 

        Kemudian, apa saja jenis usaha yang bisa dikatakan startup? tidak ada batasan! jadi, sama halnya bisnis atau perusahaan manapun, jenis pekerjaan tidak mempengaruhi. karena startup sebenarnya lebih tepat jika dikatakan langkah awal dari sebuah pendirian perusahaan/organisasi waralaba. 

        terkait kalimat pertama diatas. saya kira itulah yang menjadi alasan kenapa kita menganggap startup adalah jenis bisnis/organisasi waralaba. padahal sebenarnya tidak sesederhana itu bisa dikatakan sebuah organiasi waralaba. iya memang ketika kita telah memulai sebuah jenis usaha dikatakanlah namanya startup, namun pada akhirnya nanti tidaklah melekat istilah startup tersebut karena jika telah dijalankan untuk beberapa waktu maka karakter dari jenis usaha tersebut akan berubah(berkembang) juga. fase selanjutnya yang menjadi penentu jenis usaha kita. besarnya omzet, jumlah pekerja (karyawan), lingkup kerja, sistem yang dianut, kepemilikan saham, struktural organisasi. hal-hal tersebutlah yang menjadi landasan sebuah usaha agar bisa ditentukan jenisnya.

         selanjutnya juga ada hal yang menjadi pola pada startup bisnis sendiri sehingga bisa dikatakan startup

* Starup berproses dibawah kurun waktu 3 tahun.
* Jumlah pegawai / Team work tidak melebihi 20 orang.
* Setiap startup biasanya hanya mengerjakan satu jenis layanan/jasa saja. lebih ramping.
* Okey gitu aja dulu.

Nah, sepertinya saya udah panjang lebar meluruskan pandangan soal apa itu startup bisnis. nah mari kita lihat apa saja yang lagi ngetren dikalangan anak muda sehingga banyak dari mereka yang mulai mengelola bisnis (startup).

Fashion
Usaha sablon dan konveksi sepertinya berada di zaman keemasan disaat ini, meningkatnya permintaan akan inovasi dibidang fashion akhir-akhir ini membuat banyak kalangan mencoba memulai bisnis dibidang clothing indie. tak heran, banyak anak muda akhirnya membuat startup bisnis hinggan memiliki brand dan UKM Sendiri.

Culinary
Bisnis dibidang kuliner mah udah lama boomingnya. yap tapi bukan berarti sisi ini tidak berenti merasuki jiwa para pebisnis agar memulai di sisi kuliner. di Makassar sendiri saya catat ada beberapa bisnis startup di bidang kuliner dan wah-nya mereka punya inovasi-inovasi baru yang kadang membuat saya merasa "kenapa bukan saya yang mikirin ini sebelumnya". siapa sih yang ga butuh makan, nah bisnis ini ga ada matinya men.

Digital Imaging
jenis usaha ini sudah mencakup photography, graphic design dan film making. kedengarannya keren, yaa emang sekarang banyak banget anak muda yang menggeluti bidang ini. ada yang cuma melakukannya hanya sebatas hoby ada juga yang memanfaatkannya sebagai ladang bisnis. sisi ini lebih artistik dan memang punya konsumen yang tergolong amat tinggi. dan sebagai bocoran saya sudah menjelaskan peluang mendapatkan uang  dengan lebih spesifik dari sisi digital imaging pada artikel sebelumnya disini

Software Develoment
perkembangan dunia pembuatan aplikasi/perangkat digital memang sedari dulu sudah berkembang di indonesia. namun untuk konsumen disisi ini masi tergolong rendah. hanya segelintir orang yang benar-benar membutuhkan jasa dari developer-developer lulusan universitas. jadinya kebanyakan dari mereka akhirnya membuat startup untuk tidak lagi bekerja berdasarkan pesanan tapi hasil market research yang berkembang. developer ini akhirnya memasuki pasar global untuk jualan aplikasi dan lain-lainnya. tidak tanggung-tanggung penghasilan yang bisa didapatkan dari jenis ini tidak sedikit. tidak usah disebutkan tapi coba pikir jika sebuah aplikasi di hargai 10 ribu rupiah untuk satu kali download. gimana kalo aplikasi itu di taruh dipasar aplikasi yang dikunjungi milyaran orang tiap harinya. asik ga tuh. kalo pernah denger cerita soal nguyen yang bikin flappy bird begitulah cara bisnis ini menghasilkan $$$. bisnis ini sudah mencakupi bidang seperti pembuatan web, UI/UX Design, game making, mobile & desktop apps development. dll

Social Media Management 
Baru sekali mungkin di telinga kita, ada yah social media management.? iya ada cuk. nih gue kasi bukti yah. di Makassar saya punya teman yang tergabung di sebuah team socmed management yang namanya flock indonesia. klik disini kalo ngga percaya. yap jadi jenis bisnis ini adalah jasa pengelolaan social media baik itu personal ataupun organisasi, biasanya mereka mengoptimasi setiap konten yang akan mereka share, melakukan strategi agar bisa mendapatkan atensi dari banyak pengguna media sosial, advertising, bahkan ada yang baru juga yaitu e-hate management. sekedar info e-hate biasanya bikin keributan didunia maya. emang agak sedikit keliatan negatif tapi sebenarnya ngga se simple itu karena kembali lagi ke setiap orang yang akan menilai. manfaat dan mudaratnya. alahh. dan biasanya klien mereka bukan orang sembarang, ada peruasaahaan terkenal, pemerintah, komunitas,dan lain-lain.
nah, itulah beberapa jenis bisnis yang sering dipilih atau sekarang banyak di jadikan startup. kembali lagi soal kenapa startup selalunya atau kebayakan berbau teknologi? sebenarnya ndak sesimple itu cuk. startup. kan udah saya jelasin kalo ngga ada batasan soal itu berbau apa, ya tapi emang keadaan sekarang yang ngetren yah yang berbau teknologi. banyak kok jenis startup yang ngga berbau teknologi hanya saja agak kurang terekspos sih. beda kayak yang berbau teknologi selain memeng banyak yah juga lebih mudah untuk mengakses infirmasi soal mereka jadinya lebih dekat aja gitu.

Nah gimana minat pengen mendirikan startup sendiri? ingat yah ga ada batasan itu jenis usaha apa. kalo udah mulai mengerjakannya artinya anda sudah mempunyai startup bisnis sendiri. asalkan halal dan you do with your own passion. believe me. god knows and insyaallah will stand on your side. 


yaudah itu aja yah. wassalam deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment