Deng Ile: Review: Spesifikasi, Harga dan Skor Penilaian OPPO F1s

September 04, 2016

Review: Spesifikasi, Harga dan Skor Penilaian OPPO F1s


Tentang OPPO F1s - Berawal dari suatu sore pada group chat Line, ketika sambaran ajakan untuk teman blogger Makassar ikut berkumpul bersama komunitas OPPO Indonesia. Acara yang mengusung tema OPPO Community F1s Meet Up Blogger Makassar ini menjadi jalan bagi teman-teman komunitas OPPO Indonesia memperkenalkan produk terbaru dari merek smartphone ternama yaitu OPPO. Langsung saja saya ikut mengisi biodata diri agar bisa ikut mendengar beragam informasi yang katanya akan dipaparkan pada pertemuan tersebut. Berikut hasil review saya mengenai OPPO F1s.
Hasil selfie menggunakan OPPO F1s yang dilakukan pada acara OPPO Community F1s Meet Up Blogger Makassar. (31/Agustus/2016)
#OppoF1s merupakan keluaran terbaru yang diluncurkan ke pasar smartphone Agustus - 2016 lalu, mengusung tagline #SelfieExpert rasanya smartphone f1s besutan OPPO ini akan menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan bagi banyak kalangan mengingat kebutuhan akan konten gambar dan video memang sedang tinggi-tingginya. Apalagi harga yang di tawarkan oleh oppo terbilang tidak terlalu tinggi dibanding smartphone yanga ada dikelas yang sama.

Nah kali ini saya akan mengulik apa saja tentang OPPO F1s itu sendiri berdasarkan informasi yang didapat dari OPPO Community F1s Meet Up Blogger Makassar sebelumnya. Hal pertama yang menjadi fokus perhatian yaitu kamera, tidak lain karena OPPO F1s sendiri mengusung tagline #SelfieExpert sejalan dengan OPPO yang memang mengidenditaskan dirinya sebagai Camera Phone. 

Kamera Depan 16 Mega Pixel,  Selain tingginya resolusi kamera yang ditawarkan, OPPO F1s melengkapi kamera depannya dengan sensor 1/3.1-inci & Aperture F/2.0 yang membuatnya dapat menerima cahaya yang lebih banyak dengan sensitifitas yang tinggi. Hal ini jelas akan sangat membantu ketika mangambil gambar atau video dalam keadaan low-light atau kondisi dimana cahaya sekitar yang kurang. Satu lagi, fitur Beautify 4.0 yang juga disematkan pada OPPO F1s ini akan sengat membantu membuat gambar yang anda ambil terlihat lebih natural. Hal ini dikarenakan fitur Beautify sendiri dilengkapi dengan data wajah dari jutaan pengguna.

Contoh hasil jepretan camera depan OPPO F1s Beautify 4.0 yang dipamerkan pada web resmi OPPO Indonesia.
tidak hanya itu, ada banyak filter yang disediakan pada fitur kamera tersebut seperti: Cafe, Bright, Candy, Shine, Soft, Fade, Mono serta fitur Selfie Panorama yang artinya anda bisa melakukan selfie bersama banyak orang karena fitur panorama ini akan menghasilkan gambar dengan cakupan yang lebih lebar.

Kamera Belakang 13 Mega Pixel, Sedikit lebih rendah resolusinya dibanding kamera depan, namun sudah dilengkapi sensor yang lebih tinggi yaitu 1/3.06-inci dan Aperture F/2.2 artinya ketajaman foto bisa didapatkan meski dalam keadaan low-light seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kutipan foto pada malam hari juga jelas akan lebih baik juga bukan?

Setelah sedikit banyak membahas fitur kamera yang disediakan pada OPPO F1s ini, selanjutnya kita akan membahas fitur lainnnya. Adapun Spesifikasi lengkap dari OPPO F1s ini sendiri yaitu:

 SIM Dual Nano-SIM Cards
 Layar 5,5 Inci, HD (1280 by 720 pixels), IPS TFT, 16 juta warna
 Screen Guard Corning Gorilla Glass 4
 Dimensi 154.5 x 76 mm
 Ketebalan 7.38 mm
 Berat 160 gram
 Internet 4G LTE, 3G HSPA, WiFi
 Kamera Belakang 13MP, LED Flash, Aperture F/2.2
 Fitur Kamera Panorama, Geo-tagging, face detection, HDR, touch focus, video 1080p
 Kamera Depan 16MP, Aperture F/2.0, screen flash, video 1080p
 Sistem Operasi ColorOS 3.0 berbasis Android 5.1
 Prosesor MT6750 Octa-core 64-bit
 RAM 3GB
 GPU Mali-T860 MP2
 Storage 32GB (Expandable up to 128GB)
 Baterai 3075 mAh (Non-removable)
 Pilihan Warna Gold, Rose Gold

OPPO F1s #SelfieExpert

Tombol utama pada oppo f1s ini dapat digunakan sebagai shortcut untuk membuka aplikasi yang berbeda berdasarkan pengaturan yang anda inginkan.

Hal yang menjadi fokus perhatian saya yaitu OS (Operating System) atau Sistem Operasi yang disematkan pada OPPO F1s ini yaitu ColorOS 3.0 yang berbasis Android OS 5.1 Lollipop. OPPO sebagai perusahaan smartphone ternama memang sejak lama telah menggunakan OS android besutannya sendiri. ColorOS 3.0 adalah versi yang paling baru dari varian ColorOS. Hal menarik dari ColorOS ini sekilas di dominasi oleh warna biru dan hijau selain itu desain flat yang digunakan menambah kesan minimalis dan modern dari sisi tampilan UI (User Interface). Hanya saja jenis desain seperti ini juga telah digunakan oleh beberapa smartphone misalnya Iphone, jelas melihat ColorOS serasa anda sedang melihat saudaranya iOS. Namun tidak perlu terlalu ditangapi, toh ColorOS memang bukan jiplakan dari iOS. Hal menarik lainnya yaitu perubahan warna Icon berdasarkan waktu. Semisal ketika malam hari tiba bersama dinginnya yang menusuk tulang dan kerinduan yang membuncah, warna pada ikon aplikasi pada ColorOS 3.0 juga bisa berubah loh.

Kemudian selanjutnya, berbicara soal Harga. Harga merupakan hal pertama yang dipikirkan umumnya ketika ingin membeli smartphone. Diluar dari spesifikasi yang telah disebutkan tadi tentunya, OPPO F1s sendiri dibanderol seharga Rp. 3.799.000.- dengan varian warna Gold dan Rose Gold dan Bonus 10GB Paket Data 4G dari telkomsel.

Selebihnya, hal yang mungkin tidak dijelaskan pada kesempatan tersebut yaitu mengenai runtime bawaan yang digunakan pada ColorOS 3.0 itu sendiri. Saya sebagai seorang yang sedikit banyak bersentuhan dengan pengembangan aplikasi seperti Android biasanya membutuhkan informasi mengenai hal ini. Pada android smartphone biasanya menyediakan 2 runtime yang bisa digunakan dan dibolak-balik yaitu Dalvik atau ART. Hal ini jelas berpengaruh pada kinerja Aplikasi pada smartphone, baik itu dari sisi kecepatan proses kerja atau kinerja aplikasi juga pada penggunaan memori RAM dan Storage yang berbeda pada runtime yang digunakan. Tapi jujur makanan yang dihidangkan pada kesempatan tersebut selain beragam juga enak-enak "Terima Kasih Bistropolis".

Terakhir kesimpulan saya mengenai OPPO F1s sendiri berdasarkan aspek dibawah sebagai berikut.

 A S P E K

S K O R

 Tampilan Case (Gold & Rose Gold) 1 2 3 4 5
 Pemilihan Bahan (Case) 1 2 3 4 5
 Konektivitas 1 2 3 4 5
 Kecepatan kerja aplikasi 1 2 3 4 5
 Imaging Feature 1 2 3 4 5
 Harga 1 2 3 4 5
 Keamanan perangkat 1 2 3 4 5
 Kemudahan penggunaan 1 2 3 4 5
 Keandalan 1 2 3 4 5
 Sistem Operasi 1 2 3 4 5

SKOR Total Perolehan Poin = 43 Poin

Keterangan:
Tabel Skor IDiopini

 Sangat Baik 40 - 50 Poin / Lebih dari 80 %  s/d 100 %
 Baik 30 - 40 Poin / Diatas 70 % s/d  80%
 Cukup 20 - 30 Poin / Kurang dari 60%
 Kurang 10 - 20 Poin / Kurang dari 40%
 Sangat Kurang 1 - 10 Poin / Kurang dari 20%


Total SKOR ( n ) = 43 Poin
SKOR Maksimal ( f  ) = 50 Poin
Persentase SKOR ( P ) = 86%

P = n / f   x 100%

N = Jumlah poin hasil penilaian
F = Jumlah frekuensi Poin yang diharapkan
P = Hasil penilaian dalam bentuk persentase

dan Kategori SKOR untuk OPPO F1s adalah  86 %  atau  S A N G A T  B A I K !  

Catatan: Penilaian diatas merupakan asumsi pribadi yang mungkin tidak ilmiah, penarikan nilai berdasarkan pengalaman penulis terhadap smartphone yang disebutkan (OPPO F1s), dan data hasil penilaian yang dikemukan sangat mungkin berbeda dengan penilai lainnya. Ahihi~

 Tema terkait:
#selfieexpert #oppof1s #ExpOPPOf1s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment