Deng Ile: Official Facebook Fails 2014

Juli 22, 2014

Official Facebook Fails 2014

Kita mungkin tak sadar akan beberapa kesalahan penggunaan kata pada sosial media terbesar satu ini, tapi setelah beberapa kali saya pikir ini benar-benar kesalahan yang mungkin tidak disengaja oleh developer facebook bisa jadi juga ini disengaja sih. jika dipikir-pikir memang ini tidak terlalu menggangu karena sebenarnya kesalahan ini bisa kita mengerti tapi justru karena kita terima begitu saja itulah yang membuat kita tidak mengerti sepenuhnya apa yang dimaksud dalam kesalahan-kesalahan tadi. 

minggu lalu saya sadar, entah mungkin saya lupa sadar atau saya terbawa suasana tapi saya hari itu benar-benar terkejut dengan apa yang saya dapat di facebook. jelas sekali ada kesalahan penggunaan kata yang diletakkan pada facebook. developer facebook sendiri seharusnya mengerti akan hal ini namun saya tidak mengerti kenapa menggunakan kata ini jika memang kurang tepat. apa mereka kurang sadar kali yah?

nah, take it closer. coba kita perhatikan gambar ini.

Kita mungkin secara sadar menerima bahwa orang yang menggunakan pc (browser) dinamakan web. dan menggunakan mobile (mobile web/facebook apps) di kategorikan mobile. itu dalam pikiran kita. tapi kalo mau dikaji sih sebenanya istilah mobile web dan web itu seharusnya nda berbeda. dalam hal ini yang berbeda adalah perangkatnya/device yang digunakan user untuk mengakses facebook. karena pada dasarnya web itu adalah kumpulan hipertext (html file) yang saling ter-link dan dapat diakses di internet. nah phone dan laptop kan sama-sama mengakses web. terus kenapa phone dan laptop dibedakan menjadi 2 bagian.  jika menggunakan mobile itu saya rasa sudah benar pengkategoriannya, lah tapi kalo yang pakai laptop seharusnya bukan web dong disitu kan user mengakses web via PC. seharusnya ada kata lain selain web seperti laptop/desktop/browser. atau apalah. yang jelas bukan web. karena pada dasarnya mobile juga mengakses web sama seperti perangkat laptop dan semisalnya.

Kemudian ada juga icon phone. saya tambah bingung, lah ini kok adalagi icon phone, kalo sudah ada kategori mobile seharusnya sudah tidak ada lagi ikon ini. ya kan yah. untuk apa coba. iya dalam pengertian kita user tersebut menggunakan perangkat seluler/mobile yah terus untuk apa ada kategori mobile. atau untuk apa ada kategori ini. belakangan ini saya menganalisa. ohh ternyata facebook menampilkan ini untuk user yang setengah aktif ceritanya. jadi perangkat seluler mereka masih terhubung ke layanan facebook meski mereka sedang tidak main facebook begitu. tapi tetep aja saya merasa aneh sama kedua hal ini. hmm, buat apa coba ada ikonnya? haha. ato paling ngga yang tadi lah soal kategori web dan mobile. 


baiknya kita mengajukan perbandingan, nah dan tolak ukur paling baik bagi para onliners adalah wikipedia.ya kan yah. nah mari kita undang wikipedia untuk hadir pada kesempatan ini.

mari kita tanyakan apasih pendapat wikipedia, jika ditanya soal apa definisi dari web sebenarnya?

Wikipedia : The World Wide Web (abbreviated as WWW or W3, commonly known as the web) is a system of interlinked hypertext documents accessed via the Internet. With a web browser, one can view web pages that may contain text, images, videos, and other multimedia and navigate between them via hyperlinks.

ini kan kata wikipedia.? jadi sebenarnya sudah jelas bahwa yang diakses menggunakan browser di laptop secara online itu adalah world wide web (singkat web). web adalah obyek yang diakses bukan perangkat yang dipake mengakses. gitu.

lanjut mari kita tanyakan apa yang dimaksud mobile atau mobile web.

Wikipedia : The mobile web refers to access to the world wide web, i.e. the use of browser-based Internet services, from a handheld mobile device, such as a smartphone or a feature phone, connected to a mobile network or other wireless network.

nah jelas kan. wikipedia say, mobile web itu artinya sama halnya dengan mengakses world wide web (singkat web). lah kalo sama-sama ngakses web? kenapa pengguna laptop/desktop/pc dinamakan web? ayo kenapa ayo? 

nah jadi kesalahan developer facebook adalah menggunakan kata (mengkategorikan) web untuk user yang menggunakan perangkat laptop/desktop. karena tidak ada yang mendasari kata tersebut untuk digunakan. kalo untuk mobile sudah jelas mungkin bahwa user tersebut menggunakan perangkat mobile untuk mengakses web. seharusnya ada kata lain lah yang bisa diusulkan untuk mengganti kata tersebut. seperti laptop/desktop.

atau mungkin teman-teman ada pendapat lain? masukan mungkin? silahkan berkomentar. ditunggu yah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment