Deng Ile: Review Tweet - Klasifikasi Dan Modernisasi Jomblo

Desember 24, 2013

Review Tweet - Klasifikasi Dan Modernisasi Jomblo

Menurut kamus jomblo. ehh, kenapa malah kamus jomblo. sori bro, los fokus. aman mblo aman. Jadi menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) bahwa jomblo adalah = ppffttt (tidak ditemukan) 'haha' alias ga ada hasilnya. tapi saya tidak mau menyerah begitu saja. saya hapus huruf B pada kata jomblo jadi jomlo. nah, ada hasil. dan menurut kamus gede satu ini jomlo itu adalah sebutan untuk gadis tua, wah gimana ceritanya ini, gadis kok tua. yah biasanya kita identikkan gadis itu muda, rambut panjang, pake sarung, bawa baskom sama cucian terus nongkrongnya di sungai. haha, oke serius kita fokus. jadi yang KBBI maksud pada gadis adalah (perawan) maka seharusnya gadis tua maksudnya adalah masih tua kok perawan. haha itu. jadi, besikli sih..jomlo itu sebutan untuk wanita/perempuan yang udah tua masih perawan, tapi karena tidak mungkin semua wanita di tes satu-satu untuk mengetahui keperawanannya maka kita mengambil premis lain yang lebih masuk akal. begini.. kalo wanita ga punya suami maka besar kemungkinan dia adalah perawan, jadi ketika dia (wanita) tergolong pada pernyataan sebelumnya maka dia adalah jomlo! (mutlak). yap..saya kira untuk definisi jomlo sudah jelas yah.


nah, soal twit saya diatas yang (kalo ga ingat baca lagi), sudah? oke kita lanjut.. jadi sebenarnya jomlo pada masa sekarang cakupannya lebih meluas, bukan cuma kaum cewek yang kena, tapi juga cowok-cowok dan sudah tidak berbicara pada ranah keperawanan saja tapi lebih ke soal punya pacar atau tidak, mungkin kerena hal ini jugalah yang mempengaruhi huruf B sampai bisa disisipkan pada kata jomlo menjadi JOMBLO. jadi istilah jomlo mengalami modernisasi (perubahan nilai di masyarakat) kurang lebih begitulah. nah seiring akan hal ini jomlo kemudian menjadi objek yang sering di klasifikasikan lagi oleh orang-orang banyak. iyalah orang-orang banyak, sekarang kan jomblo populasinya sedikit. contohnya.
picture by nyunyu.com

Menurut beberapa pakar yang telah mengklasifikasikan jomblo seperti gambar disebelah.-> menyerupai siklus jomblo dari tahap awal sampai mencapai titik puncak kejombloan. namun menurut saya ini kurang tepat dikarenakan pada akhirnya jomblo jika diklassifikasi dengan model seperti ini maka akan ada satu komponen/fase yang kurang yaitu tidak semua jomblo ditahap akhir akan kembali pada jomblo tahap pertama. simpel aja sih. namun menurut saya jomblo itu tidak memiliki level atau tingkatan tapi mengklasifikasikan jomblo itu harus lebih ke sisi sifat, psikologi dan kemungkinan prilaku yang terbentuk pada setiap jenisnya jadi lebih ke pola hidup dan cara beradaptasi di masyarakat (social behavior). oke saya makin ngawur..haha langsung saja berikut contoh lebih jelasnya.

jomblo tidak laku. jenis ini karena memang ga pernah pacaran, atau  pernah pacaran sebelumnya tapi sudah tidak diminati di pasaran. #ehh, sori jomblo jenis ini jangan tersinggung. kemudian adalagi nih.

jomblo karena pilihan. saya suka yang ini, jomblo jenis ini lebih punya prinsiplah. yah meski sama-sama ga punya pacar juga sih. tapi minimal jomblo jenis ini teguh mempertahankan kejombloannya. jomblo macam ini lebih sering berkilah soal kejombloannya dari bawa-bawa nama agama-lah, belum ketemu cewek/cowok idaman-lah atau lagi sibuk belajar.*kreatif yah jomblo jenis ini. :D *asal menjomblonya bukan karena pilihan terakhir aja sih.hehe

terus..

jomlo karena nasib. jomblo satu ini sepintas hampir sama dengan jomblo bagian pertama. susah dibedakan. tapi sebenarnya jomblo jenis ini lebih kearah personal sih menurut saya, haha baru diputusin mungkin, ditinggalin begitu aja mungkin, di PHP mungkin, atau ke-ge-er-an pernah punya pacar juga bisa jadi sih. dan jomblo jenis ini juga punya mental yang paling terganggu dari semua jenis jomlo-jomlo yang ada, yah maklum berselimut galaulah kurang lebih. *note: hati-hati bergaul dengan jomblo jenis ini, mereka biasanya lebih agresif.

ada juga..

jomblo statusisasi. ini yang paling bahaya nih, jomblo jenis ini sebenarnya punya pacar ato gebetan ato kaka/adek ketemu gede tapi di timeline ngakunya JOMBLO. jenis satu ini bisa kita liat dari jenis twit/status-statusnya di facebook semisal "keinget mantan nih"  nah.. mereka ini giat dalam hal menyebarkan kode-kode kedunia maya meski aslinya sedang dalam relationship. bisa jadi juga sebaliknya sih, karena ada juga jomblo jenis ini ga punya pacar tapi ngakunya punya. lebih berbahaya lagi malah. ya ngga?

jadi sudah jelas kan, sebenarnya dari twit saya tadi lebih kepertanyaan jomblo jenis apakah kita?haha.. ngaku aja deh mblo.. mengakui kejombloaan juga merupakan realitas publik loh, contohnya saya. yah saya juga sekarang lagi jomblo sih. tapi alhamdulilah minimal ga masuk di daftar yang tadi sudah saya jelasin. iyalah. masa jomblo hina diri sendiri. ya ga mungkin lah. terlebih saya bukan tipe orang yang suka ngumbar kejombloan jadi saya tidak usah cerita panjang lebar soal kejombloan saya.ihikk. jaim dong..haha

itulah sedikit yang saya ketahui mengenai perkembangan jomblo di Nusantara, semoga bermanfaat. ingatlah jomblo adalah warga Indonesia juga jadi mereka juga berhak menikmati timeline dimalam minggu, sekiranya kurangilah twit usikan ke jomblo di malam minggu. *nyesek-tau. bukan kamu yang rasa sih. :( sekian dari saya, akhir kata salam jomblo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment