Deng Ile: Teknologi Terbesar Yang Masih Ditunggu-tunggu

Agustus 12, 2013

Teknologi Terbesar Yang Masih Ditunggu-tunggu

Teknologi memang sudah mendewai aspek-aspek masyarakat, banyak hal yang bisa jadi mudah sekali untuk dikerjakan karena teknologi, sehingga tak sedikit orang yang beranggapan bahwa teknologi itu untuk mempermudah pekerjaan manusia. lah, benarkah teknologi adalah segala hal yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. seperti robot dll.

Nah ini ada sedikit review tentang teknologi-teknologi yang paling banyak ditunggu-tunggu umat manusia di masa depan.. apa bakal ada ato tidak? wallahu alam









pertama : TRANSFER DATA MELALUI CAHAYA
Visible light communication adalah WLAN masa depan, lampu LED mengirimkan data ke sensor cahaya yang ada di notebook dan smartphone. sekarang ini, perangkat penerimanya masih belum handy dan tranfer data hanya dapat dilakukan secara terbatas.teknologi ini akan tersedia di pasaran sekitar tahun 2015 *menurut CHIPMagazine

Kedua : KENDALI PIKIRAN
Teknologi brain computer interface dikembangkan untuk membantu orang-orang yang lumpuh saat beraktivitas. sensor mengirim gelombang otak ke PC atau protesa (kaki/tangan palsu). latihan untuk mengambil benda sudah pernah dilakukan dan berhasil namun untuk pekerjaan yang detail seperti menjahit belum bisa dilakukan. 

Ketiga : HOLODECK
Melalui proyek holodeck yang dikambangkan oleh university of southern California, kita di janjikan untuk berjalan-jalan di dunia virtual tanpa perlu meninggalkan ruangan. namun, proyek inimemerlukan banyak hardware seperti kacamata virtual reality, sensor gerak, dan tentu saja sebuah ruang yang sangat besar untuk berjalan. 

Keempat : KANTOR TANPA KERTAS
25 tahun yang lalu ketika e-mail mulai digunakan, era kertas digembar-gemborkan akan berakhir. rupanya, hal itu keliru besar. menurut sebuah studi yang dilakukan oleh lexmark,setiap karyawan di jerman masih mencetak kurang lebih 40 kertas per-hari.

Kelima : TELEPORTASI
Setiap orang biasanya punya mimpi yang berbeda dan menarik, salah satunya dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dalam hitungan detik. pera ilmuwan memang berhasil mengirimkan foton sejauh 144 km, tetapi memindahkan benda atau manusia masih sebuah cerita fiksi ilmiah.

Keenam : KENDARAAN MANDIRI
Bulan mei lalu google mendapatkan lisensi pertama untuk mobil tanpa pengemudi dalam uji coba 480.000 km, mobil tersebut tidak mengalami kecelakaan sekalipun. kemungkinan mobil tersebut baru bisa dipasarkan pada tahun 2020.

Ketujuh : JARINGAN PERANGKAT RUMAH TANGGA
Perangkat rumah tangga cerdas memang sudah tersedia. sayangnya tidak ada sistem operasi standar yang dikuti produsen.

Kedelapan : TENAGA MATAHARI
Kendaraan dengan protovoltaic (sel surya)semakin diminati. dalam ajang world solar race di Australia, banyak peneliti membandingkan hasil kerja mereka, namun mobil atau pesawat terbang tanpa bahan bakar masih jauh dari kenyataan.

Kesembilan : AUGMENTED REALITY
Google Glass project bertujuan memperluas realita, namun info tambahan tersembunyi di pinggiran, bukan lansung dari pandangan. tren terbaru lensa kontak tanpa kacamata akan mampu menyajikan berbagai informasi, namun karena ukuran resolusinya 1 pixel,alat ini belum ada gunanya.

Kesepuluh : KOMPUTER KUANTUM
Performanya tentu saja jauh melebihi komputer masa kini. prinsip kerja komputer kuantum telah diteliti sejak tahun 60-an. setidaknya, menurut IBM sudah saatnya untuk merealisasikan teknologi tersebut.

*disalin dari   CHIPMagazine  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment