Deng Ile: Galeri titik sepi

Juni 08, 2013

Galeri titik sepi

sayu... itulah yang paling mungkin tak ingin untuk di dekati oleh kebanyakan orang. sebuah kata yang dengan sangat jelas menggambarkan emosi paling rendah dari kehilangan, hilang dari harapan, hilang dalam anggapan, seolah tersesat pada zona imanjiner berwarna abu-abu. setiap orang kurasa pernah dalam posisi seperti ini, seperti kehilangan rasa manis pada jilatan butiran gula pasir diujung telunjuk. saya bukannya peduli tentang perasaan kalian, tapi begitulah seharusnya saya menulis. saya hanya bisa menggambarkan bagaimana sayu itu.

sunyi... mendengar kata sunyi langsung saja perasaan kita terbawa ke satu zona kosong, apa itu lembah, pantai, langit, yang jelas tak ada orang disana? mungkin begitu. jadi sunyilah yang menggambarkan keadaan tiada. namun jika itu sunyi maka seharusnya itu pernah ramai, karena tak akan ada yang mengatakan itu sunyi jika tak pernah melihat hal tadi dalam zona ramai. kupikir. dan begitupun sebaliknya. bukannya begitu?

atau entah apa kalian menamai foto-foto berikut. ini ada sedikit beberapa kumpulan foto-foto sayu atau mungkin sunyi yang sudah beberapa waktu mengisi ruang-ruang memori dalam komputer saya. tapi coba pernahkah kalian perhatikan sebuah foto yang kemudian seolah kitalah yang ada didalamnya..pernah? tak ada manusia disana, hanya ada sekumpulan benda alam yang sehari-hari dilihat selain manusia, melihatnya serasa kita sedang benar-benar berada di depan tempat tersebut, kenapa? yaa, tentu saja.. karena tak ada objek hidup yang menikmati didalamnya seperti manusia, tapi hanya ada kita yang sedang jeli memperhatikan detail per detailnya. kira-kira seperti inilah beberapa dari kumpulan foto-foto titik sepi yang kumaksud..







nahh..gmana? bukannya kita sedang sendiri bukan? hanya sebuah gambar yang sekiranya bisa membawa kita berjalan pada garis imajiner tanpa harus di sibukkan memerhatikan objek penikmat yang justru ingin dinikmati. bukannya hal itu sering membuat kita merasa tak penting untuk berlama-lama memandang sebuah foto? berbeda dengan foto diatas dalam pandangan saya. saya lebih bisa menikmatinya dibanding foto yang banyak berisikan manusia. foto ini saya ambil dari beberapa tempat yang pernah saya datangi beberapa waktu lalu, dan jelas tetap akan mengisi sebuah folder khusus di komputer saya untuk kumpulan foto-foto serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post a Comment